Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Mar 19, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa Mahasiswa KKN UAD Bantu UMKM Warga dengan Pelatihan Digitalisasi Usaha Syukuri Milad ke-43, UMY Gelar Family Day dan Targetkan Masuk 15 Besar PT di Indonesia Adakan Pelatihan Website, Tim Pengabdian dan KKN UAD Bantu Warga Pasarkan Komoditas Unik! Lulusan PPG UAD 2024 Kenakan Pakaian Adat dan Panitia Pakai Baju Sekolah Rayakan Milad ke-43, UMY Gelar Workshop Fotografi Selami Sudut Kampus Mahasiswa KKN Muballigh Hijrah Diharap Ajur dan Ajer dengan Masyarakat Peduli Sampah dan Lingkungan, Mahasiswa KKN UAD Bantu Warga Kelola Sampah Rektor Muchlas: UAD Lakukan Hilirisasi Inovasi Penelitian untuk Masyarakat

Dosen dan Mahasiswa UAD Beri Latihan Numerasi untuk Siswa dan Guru di Mejing dan Ngentak

KULON PROGO - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Unit XV.B.2 Dukuh Klepu, Banjararum, Kalibawang, Kulon progo, di Bawah bimbingan Fariz Setyawan, M.Pd mengadakan kegiatan Pelatihan Market Day sederhana kepada siswa-siswi kelas 3 (tiga) SD Negeri Mejing pada tanggal 16 Februari-1 Maret 2024.

Arina Ifada, salah satu mahasiswa KKN, mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu implementasi pengenalan numerasi bagi siswa SD yang diharapkan dapat meningkatkan jiwa wirausaha siswa sejak dini. 

Di samping itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan komunikasi antar siswa, kemampuan menghitung cepat, kemampuan mengenal mata uang, dan pemahaman mengenai pasar serta jenis-jenisnya.

Market Day berbasis numerasi merupakan sebuah media atau sebuah model pembelajaran yang menggandeng siswa dalam project nyata baik itu berbentuk produk yang kemudian dipasarkan kepada teman-teman dan guru melalui kegiatan bazar sederhana di kelas yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN UAD Unit XV.B.2.

Dalam kegiatan tersebut, para siswa menjual snack atau makanan ringan, coklat, dan permen yang dijual mulai dari harga 500 rupiah. Kegiatan tersebut disambut positif oleh Hayati, S.Pd selaku Kepala Sekolah dan siswa-siswi kelas 3 (tiga) di SD Negeri Mejing.

“Kegiatan Market Day memang sangat bagus dan di SD sebelumnya juga sudah diterapkan, biasanya setiap hari Jum’at anak-anak membawa makanan yang dibuat oleh orang tua mereka kemudian dijual ke teman-temanya, guru, maupun wali murid,” ungkap Hayati, S.Pd.

Siswa pun juga antusias mengikuti Market Day ini. “Kegiatannya seru banget habis jualan dapat uang jadi uang saku bertambah terus juga bisa belajar menawar seperti di pasar,” ucap Raziq, Siswa kelas 3 SD Negeri Mejing.

Selain itu, Fariz Setyawan memberikan pelatihan numerasi bagi guru-guru di SD Muhammadiyah Ngentak pada Jumat (16/2). Pelatihan ini bertujuan sebagai bentuk penyegaran dan upaya untuk meningkatkan skor numerasi di rapor pendidikan sekolah.

Sekolah menyambut gembira pelaksanaan pelatihan baik dilakukan oleh mahasiswa KKN UAD di SDN Mejing maupun di SD Muhammadiyah Ngentak di Kelurahan Banjararum, Kalibawang, Kulon Progo. (*) 

Berita ini diterima Mediamu dari Fariz Setyawan, Dosen Pembimbing Lapangan KKN Unit XV.B.2 UAD Dukuh Klepu

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here