Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Mar 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa Mahasiswa KKN UAD Bantu UMKM Warga dengan Pelatihan Digitalisasi Usaha Syukuri Milad ke-43, UMY Gelar Family Day dan Targetkan Masuk 15 Besar PT di Indonesia Adakan Pelatihan Website, Tim Pengabdian dan KKN UAD Bantu Warga Pasarkan Komoditas

TRAGEDI CHRISTCHURCH: Irfan Keluar Melompati Pagar Masjid untuk Bersembunyi

Irfan Yunianto Dosen Pendidikn Biologi UAD

YOGYAKARTA — Berkaitan dengan kejadian penembakan di Masjid al-Noor dan Lindwood Christchurch Selandia Baru pada Jum’at, 15 Maret 2019, Irfan Yunianto, pengajar FKIP UAD Yogyakarta menyampaikan beberapa hal, Sabtu (16/4/2019).

Ia menjadi salah satu korban selamat penembakan brutal di Masjid Al-Noor Christchurch, Selandia Baru.

“Alhamdulillah, waktu masuk masjid saya langsung ke ruangan sebelah yang agak kecil dekat pintu emergency exit. Jadi ketika jamaah di main prayer hall ditembaki, saya dan jamaah bisa langsung kabur ke parkiran belakang, terus kami memanjat pagar dan sembunyi di rumah orang,” kata Irfan Yunianto, Sabtu (16/3/2019) pagi.

Waktu itu, Irfan Yunianto sudah berada di masjid sekitar 5 menit sebelum kejadian dan melaksanakan shalat tahiyyatul masjid. “Entah kenapa hari itu tidak seperti biasanya dan saya seperti digerakkan oleh Allah SWT untuk tidak langsung ke main hall masjid, tapi ke dekat emergency exit,” papar Irfan.

Sebenarnya, Irfan tengah menjalani studi doktoral Molecular Ontology di University of Otago.

Setelah shalat sunnah, Irfan lantas mendengar tembakan. Kemudian, Irfan beserta sekitar 15 orang berhasil lari keluar masjid dan melompati pagar masjid untuk bersembunyi sambil terus mendengar suara tembakan.

Mereka tidak berani bergerak untuk menolong meskipun melihat beberapa orang sudah tergeletak bersimbah darah. “Durasi penembakan cukup lama,” tandas Irfan.

Sekitar lima jam kemudian, Irfan Yunianto dievakuasi oleh Polisi. “Bersama kami ada seorang korban luka tembak di shoulder dan seorang luka-luka saat kabur,” terang Irfan Yunianto, yang menambahkan suasana waktu itu sangat mencekam.

“Saya mendengar suara tembakan sekitar 6-7 menit dengan jumlah tembakan diperkirakan ratusan,” kata Irfan.

Kemarin, ada salah seorang dosen ditugaskan oleh Humas UAD mewakili UAD untuk menelpon pak Irfan, Dosen Pendidikan Biologi UAD, pasca serangan.

Dan, Alhamdulillah pak Irfan mengangkat telponnya dengan keadaan yang masih dalam posisi shock.

Meski masih shock, Irfan Yunianto sempat terima telepon dari Ida Puspita, Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta, Jum’at (15/3).

Nampaknya, wartawan keliru memahami info pak Irfan bahwa hanya beliau dosen UAD Yogyakarta yang berada di masjid saat penembakan itu terjadi. Kalimat awal dalam berita disebutkan jika anak dosen UAD juga ada di masjid tersebut.

Ada kesalahan informasi yang mengatakan bahwa Annisa Nur Hasanah, putri dari pasangan dosen UAD: Zuchrotus Salamah dan Hadi Sasongko, juga berada di lokasi penembakan. Ternyata, Anis yang kuliah S2 Teknik Sipil di The University of Auckland tidak berada di masjid tersebut.

“Alhamdulillah tidak berada di kota Christchurch atau tidak di masjid, lokasi penembakan tersebut,” terang Ida Puspita.

Meskipun semua wilayah Selandia Baru kemarin dinaikkan status waspadanya dari level rendah ke tinggi.

Dalam kesempatan yang baik ini, Irfan Yunianto memohon maaf kepada yang kirim WA dan belum sempat dibalas semua. “Karena banyak sekali dan saya dahulukan yang paling mendesak untuk dibalas, yakni keluarga dan pihak KBRI,” kata Irfan Yunianto.

Oleh karena masih ada satu WNI dan sesepuh di sana yang bernama pak Lilik, yang masih belum ada kabar sampai tadi malam.

Info dari Irfan Yunianto juga bahwa kemarin Christchurch masih terisolasi karena bandara ditutup (lockdown). Semua penerbangan ke Christchurch dibatalkan termasuk tim Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) yang masih tertahan dan baru bisa ke sana hari ini, Sabtu (16/3/2019). (Affan)

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here