Wiki

Wiki

MediaMU.COM

Apr 20, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Arti "Ambigu" lengkap dengan Contohnya

Halo sahabat gaul, kali ini Kami akan mengulas suatu istilah yang cukup perlu kita ketahui bersama, istilah tersebut adalah “Ambigu”, jadi mari kita baca sampai habis apa itu Ambigu, apa maksudnya ambigu di bawah ini.

Pengertian Ambigu

Ambigu berasal dari kata “Ambigere” yang artinya adalah “tanpa arah, sesat” dan sebagainya, Ambigu merupakan istilah untuk kalimat  yang tidak jelas, tidak pasti, meragukan dan membingungkan orang lain dalam memahaminya, misalnya kalimat yang memiliki makna yang ganda. 

Jenis-jenis Ambigu

Ambigu memiliki beberapa jenis yang bisa Kamu pahami lengkap dengan contoh kalimat ambigu yang sudah Kami buat.
1. Ambiguitas Gramatikal
Adalah kalimat yang memiliki arti ganda seperti contoh pada frasa “Orang Tua”, bisa jadi maknanya adalah Ayah dan Ibu, namun bisa juga berarti Orang yang sudah berumur usia lanjut. Contoh lainnya adalah “Gigit Jari”, bisa berarti menggigit jari, bisa juga untuk istilah dalam pengungkapan penyesalan, kekecewaan dan heran.
2. Ambiguitas Leksial
Contoh kalimatnya “Bang budi sedang menggali sumur”, sedangkan kata “Menggali” juga bisa digunakan untuk makna lain, contoh kalimat “Kepolisian sedang menggali informasi mengenai kasus bla bla bla”.
3. Ambiguitas Fonetik
Contoh kalimatnya “Fikri baru saja datang memberi tahu”, kalimat tersebut bisa memiliki dia arti yang berbeda pada kata “Tahu”, bisa jadi memberi tahu (makanan), namun bisa juga untuk memberi tahu (memberi berita).
Demikianlah arti Ambigu yang bisa Kamu pahami sekarang, semoga bermanfaat dan lihat kata-kata gaul lainnya biar Kamu enggak ketinggalan gaul.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here