Wiki

Wiki

MediaMU.COM

Apr 20, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Apa itu "Typo" dan Cara Mengatasinya

Mungkin Kamu pernah melihat atau mendengar kata yang cukup unik ini, yaitu “Typo”, kata ini sering ada di kehidupan kita sehari-hari, terutama bagi yang suka chatting di sosmed maupun yang sering ngetik sesuatu di Smartphone, sebenarnya apa itu Typo? Mari kita bahas arti Typo lengkap dengan contohnya.

Pengertian Typo

Typo berasal dari singkatan Bahasa Inggris yaitu Typographical error, jika kita terjemahkan kedalam Bahasa Indonesia maka akan didapati arti “Kesalahan dalam pengetikan”, jadi sudah kelihatan bahwa arti dari Typo adalah kesalahan ketik.

Biasanya kesalahan ketikan pada Smartphone disebabkan karena jari yang terlalu besar, mengetik terburu-buru, atau mengetik sambil merem, tentu saja hal ini pernah dialami hampir semua orang.

Tidak hanya di smartphone, typo berlaku juga dalam pengetikan menggunakan komputer maupun laptop, ini dapat terjadi karena banyak hal.

Misalnya kita ingin membalas pesan chat sang kekasih, kata yang seharusnya di ketik adalah “cinta”, karena kurang teliti atau mengetik dengan cepat, biasanya akan terjadi typo sehingga yang terketik adalah “cibta”, karena huruf n dan huruf b berdekatan.

Dalam penerapannya, kata Typo biasanya diucapkan seperti ini: contoh: Maaf ya sayang, tadi itu typo, yang bener adalah cinta, bukan cibta…

Cara menghadapi Typo dalam Chat

Namun saat ini penerapannya menjadi lebih praktis, karena saat kita membalas chat seseorang dengan kata yang typo, kita tidak perlu lagi mengatakan maaf karena salah ketik bla bla bla, tetapi cukup dengan mengetikkan kata yang benar dengan di awali dengan tanda *.

Contoh Typo dalam chat WhatsApp

Sayang, aku beneran cibta sama Kamu
*cinta.

Jadi, jika kata yang salah sudah terlanjur terkirim, maka segera ketik lagi kata yang salah itu dengan awalan tanda *, ini bermaksud untuk memberitahu penerima pesan bahwa kata yang benar adalah yang kita kirim lagi dengan tanda *, tidak perlu mengulang kembali semua kalimat yang Kamu kirim sebelumnya, cukup ambil kata yang salah saja.

Tips supaya tidak Typo

Typo bisa menyebabkan salah arti dan diskomunikasi, tidak jarang orang jadi bertengkar cuma karna salah ketik dalam chat, biar Kamu terhindar dari hal tersebut silahkan baca tips mengatasi Typo di bawah ini.

Yang pertama adalah fokus dalam mengetik chat maupun dokumen, yang kedua Kamu bisa mengubah ukuran keyboard jika menggunakan Smartphone, atau menggunakan aplikasi keyboard yang bervariasi, jangan lupa cek terlebih dahulu teks yang Kamu ketik sebelum dikirim.

Terakhir, jika ukuran layar Smartphone terlalu kecil, maka sudah saatnya mengganti dengan ponsel layar lebar, apalagi jika jari tanganmu berukuran cukup besar, demikian dan semoga bermanfaat ya sahabat gaul.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here