Asal mula Hari Ayah Nasional 12 November

Halo gaes, kali ini kita sejenak membahas mengenai peringatan hari penghargaan untuk seorang Ayah, pastinya bermanfaat banget untuk diketahui oleh kita semua, bagi yang belum tau asal mula Hari Ayah, berikut ini penjelasannya.

Sebelumnya mungkin kita sering mendengar tentang Hari Ibu Nasional yang diperingati setiap tanggal 22 Desember, ini adalah bentuk penghargaan untuk seluruh Ibu di Indonesia atas jasanya terhadap anak, biasanya pada tanggal ini seorang Ibu akan mendapatkan hadiah maupun ucapan dari anaknya.

Dari mana penetapan Hari Ayah?

Sekarang Kamu juga harus tau bahwa seorang Ayah juga dapat penghargaan layaknya hari Ibu, dimana tujuan Hari Ayah ini adalah sama dengan tujuan memperingati Hari Ibu, yaitu memberikan penghargaan maupun bentuk terimakasih atas jasa seorang Ayah di Indonesia.

Hari Ayah Nasional yang sebenarnya bukanlah sebatas isu atau kata yang tidak memiliki sumber yang dipercaya, dari situs resmi Kemendikbud, ditetapkannya Hari Ayah untuk mengapresiasi sosok seorang Ayah yang memiliki posisi penting dalam rumah tangga sebagai pencari nafkah hingga melindungi keluarga.

Hadirnya peringatan Hari Ayah ditujukan agar bukan hanya Ibu saja yang dapat penghargaan, karena Ayah dan Ibu memiliki peran yang sangat penting dalam rumah tangga dan untuk kehidupan anak-anaknya hingga di masa depan nanti.

Pada tahun 2014, di Solo pernah diadakan Sayembara Menulis Surat Untuk Ibu, oleh Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi (PPIP), acara ini diikuti oleh masyarakat dari anak sekolah dasar, menengah, mahasiswa hingga umum, dan beberapa surat terbaik tentang Hari Ibu berhasil dibukukan.

Pada akhir acara, seorang peserta lalu bertanya kepada panitia penyelenggara, "Peringatan Hari Ibu ini sungguh luar biasa, lalu kapan peringatan Hari Ayah?"

Pertanyaan peserta tersebut ternyata mengundang pemikiran, setelah kajian yang cukup panjang maka PPIP menggelar deklarasi peringatan Hari Ayah Nasional pada tanggal 12 November.

Baca Juga