Wiki

Wiki

MediaMU.COM

Apr 26, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Kekurangan dan Kelebihan fitur Dark Mode

Baru-baru ini WhatsApp meluncurkan fitur terbarunya, salah satu fitur kekinian adalah WhatsApp Dark Mode, Night Mode atau dalam bahasa Indonesia WhatsApp Mode Gelap, mode malam, sebelumnya fitur ini telah ada di Instagram dan sekarang mulai diikuti juga oleh WhatsApp dan Facebook versi dark mode, apa sih maksudnya dark mode? Berikut ini penjelasannya.

Apa itu Dark Mode

Dark Mode atau Mode Gelap adalah fitur untuk mengubah warna tampilan latar belakang atau background menjadi warna gelap, tentu saja bukan menjadi hitam semua ya, konten yang ada di depan background akan memiliki warna yang lebih terang agar tetap bisa dibaca atau dilihat, misalnya background warna hitam dan tulisan berwarna putih atau grey, tingkat kecerahan juga menyesuaikan menjadi lebih redup.

Tujuan atau fungsi Dark Mode

Ada beberapa fungsi dari fitur Dark Mode pada WhatsApp dan aplikasi lainnya, diantaranya adalah untuk mengatasi kebosanan dengan tampilan yang itu-itu saja, pengguna memiliki opsi pilihan untuk menyesuaikan  kenyamanannya saat menatap Hp pada siang dan malam hari, jika Kamu melihat layar Hp yang terang di tempat yang gelap, pasti akan menyilaukan.

Layar perlu diredupkan dan ternyata tingkat keredupan layar pada Hp masih saja terlihat terang dan menyilaukan saat dilihat di tempat yang gelap meskipun sudah di setting paling minimum, untuk mengatasi hal itulah hadir fitur dark dark mode.

Kelebihan dan kekurangan Dark Mode

Fitur Dark Mode, Night Mode atau mode gelap pada WhatsApp memiliki kelebihan dan kekurangan, kelebihannya adalah membuat pengguna menjadi punya tampilan fresh dan tidak membosankan, membuat mata tidak silau dan lelah saat menggunakannya pada tempat yang gelap dan dark mode dapat menghemat daya baterai Hp.

Sedangkan kekurangan dari Dark Mode pada WhatsApp dan Aplikasi lainnya adalah kurang optimal, pengguna agak kebingungan bagaimana cara mengaktifkan dark mode, kecuali nanti ada update switch to dark yang lebih simpel, tampilan dark mode memiliki kombinasi warna gelap yang kurang nyaman di mata, penyesuaian warna background dengan konten berwarna cerah terkadang tidak pas.

Secara keseluruhan, fitur dark mode ini sudah cukup baik, hanya saja masih perlu dioptimalkan lagi agar dark mode benar-benar memberikan kenyamanan pengguna.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here