Kampus

Kampus

MediaMU.COM

Mar 29, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang
Breaking
Dosen Vokasi UMY Tingkatkan Pengelolaan Keuangan PMI di Taiwan Bertambah Tiga, Guru Besar UMY Kini Jadi yang Terbanyak di Antara PTS se-DIY Lima Mahasiswa UMY Lolos Seleksi Indonesian International Student Mobility Awards 2024 Dalam Industrial Gathering Forum, Lulusan UMY Dinilai Memuaskan Oleh Mitra Kerja UMY Buka Peluang Kerja Sama Baru Dalam Kunjungannya ke Brunei Darussalam UKM Tapak Suci UMY Rebut 6 Emas & Gelar Pesilat Terbaik Ramadhan Hadir Lagi, Mahasiswa Penuhi Kajian Masjid KH Ahmad Dahlan UMY UMY Bagikan 5000 Takjil kepada Mahasiswa Secara Drive Thru Selama Ramadhan Kompetisi Robotik Jadi Ajang Teknik Elektro UMY Wujudkan Indonesia Emas Respons Perubahan Iklim dan Hubungannya dengan Sektor Konstruksi, Wasekjen PII Beri Pesan 38 Insinyur Baru UMY Untuk Jaga Lingkungan UAD Kembali Pelopori Pemberian Jabatan Fungsional Tenaga Kependidikan Jadi Tujuan Wisata, UMY Ajak Siswa SMA Nikmati Suasana Berkuliah di UMY 1.253 Mahasiswa UMY Diwisuda, LLDIKTI : Sukses Tak Hanya Soal Ijazah Tapi Juga Kecerdasan Mental Dengan Program ‘Polisi’ Tim KKN UAD Tingkatkan Minat Literasi Anak-anak Berdayakan Warga, Tim KKN UAD Sosialisasi Pemanfaatan Limbah Kulit Singkong Jadi Keripik Tim KKN UAD Optimalkan Komoditas Kakao Masyarakat lewat Pelatihan Seru! Milad UMY Ke-43 Adakan Campus Tour bagi Siswa Mahasiswa KKN UAD Bantu UMKM Warga dengan Pelatihan Digitalisasi Usaha Syukuri Milad ke-43, UMY Gelar Family Day dan Targetkan Masuk 15 Besar PT di Indonesia Adakan Pelatihan Website, Tim Pengabdian dan KKN UAD Bantu Warga Pasarkan Komoditas

Dosen UAD Laksanakan Program Literasi Anak dalam Bahasa Inggris

YOGYA – Salah satu dosen Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) melaksanakan program kepada masyarakat di Kricak Kidul, Kelurahan Kricak, Tegalrejo, Yogyakarta.

Program ini berupa pengenalan Bahasa Inggris sebagai wujud pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dilakukan tanggal 9 dan 23 Desember 2022.

“Merupakan salah satu bentuk pengembangan literasi pada anak,” kata Soviyah, S.Pd., M.Hum., dosen yang melaksanakan program itu, dalam rilis dikirimkan ke mediamu.com. Kegiatan diikuti 20-an anak di Masjid An-Nuurotain, Kricak Kidul.

Menurut Soviyah, pengembangan literasi anak sangat penting bukan hanya untuk meningkatkan kemampuan baca dan tulis, juga membangun landasan bagi tujuan lebih luas. Tujuan dimaksud adalah membentuk generasi Indonesia agar mampu berpikir kritis dalam menyikapi setiap informasi yang massif dan dinamis.

Tujuan kegiatan, jelasnya, untuk memperkenalkan Bahasa Inggris kepada anak dengan cara menyenangkan melalui story telling. Materi disesuaikan usia anak, kegiatan dikemas beragam antara lain vocabulary learning, English games, dan story telling.

Ia memberikan apresiasi atas semangat belajar anak-anak ketika mengikuti rangkaian program pengabdian tersebut.

“Mereka memperlihatkan antusiasme dan motivasi belajar yang tinggi. Ini adalah modal awal yang penting untuk pengembangan literasi mereka,” katanya.

Pengabdian masyarakat ini disambut positif warga. “Alhamdulillah sebagai perwakilan warga saya merasa senang, anak-anak juga senang,” kata Gibran Darilsallam, Ketua Kelompok Remaja Masjid An-Nuurotain.

Menurut Gibran, peserta pelatihan bisa menerima pembelajaran Bahasa Inggris meskipun yang mengajarkan adalah sosok asing bagi mereka. Ini bukan hal mudah, terlebih lagi materinya adalah Bahasa Inggris. Banyak anak tidak percaya diri kalau ditanya tentang Bahasa Inggris terlebih oleh orang yang belum dikenal.

“Tetapi saya lihat dan dengar sendiri, mereka merasa senang, fun, dan percaya diri walau belum bisa Bahasa Inggris,” katanya. (*)

Editor: Heru Prasetya

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here