Wiki

Wiki

MediaMU.COM

Apr 26, 2024
Otomatis
Mode Gelap
Mode Terang

Apa itu Edmodo, Fitur dan Kegunaannya

Halo sahabat Gaul, kali ini Kami akan sedikit membahas salah satu webiste bermanfaat untuk Kita semua, mungkin Kamu pernah mendengar apa itu Edmodo? Jika belum, mari kita simak penjelasan lengkap tentang Edmodo.

Pengertian Edmodo

Edmodo adalah website yang lebih mengarah kepada sosial media khusus dikalangan edukasi, didalamnya terdapat user pengguna khusus guru/dosen dan murid, termasuk juga orangtua murid.

Dalam arti lain Edmodo adalah jejaring sosial media untuk sekolah online, dimana ada aktivitas belajar mengajar secara online atau istilahnya “e-learning” yang diharapkan bisa membuat kemudahan dan kesenangan dalam belajar. Mirip sekolah, namun kelebihan Edmodo adalah sistem online yang praktis dan fleksibel.

Sejarah Edmodo

Edmodo dibuat pada tahun 2008, Edmodo dibuat oleh Nic Borg dan Jeff O’hara, hingga tahun 2015 website e-learning ini sudah digunakan lebih dari 45 juta orang dari seluruh dunia.

Fungsi Edmodo

Edmodo dibuat untuk komunitas guru/dosen, murid dan yang terlibat seperti orangtua murid, guru bisa berkomunikasi dengan guru lainnya dari seluruh dunia, guru bisa memberikan tugas, quiz, hingga penilaian terhadap muridnya secara online layaknya di sekolah.

Fitur-fitur Edmodo

Berikut ini beberapa futur-fitur bermanfaat beserta kegunaannya di Edmodo:

1. Parent Code
Fitur ini dibuat untuk orang tua murid yang dapat memantau aktifitas belajar anaknya di Edmodo
2. Gradebook
Fungsi fitur Gradebook di Edmodo adalah untuk menampilkan rekap nilai murid/siswa, yang dapat dilihat dan didownload
3. Quiz
Fitur ini digunakan oleh guru yang akan memberikan quiz kepada muridnya
4. Library
Libraty di Edmodo adalah kumpulan file yang dapat diakses oleh murid, layaknya perpustakaan

Dan terdapat fitur-fitur edukasi lainnya seperti polling dan pemberian peringkat kepada murid sesuai prestasi yang diperolehnya.

Cara membuat Akun Edmodo

Langkah-langkah membuat Akun Edmodo tidaklah sulit, Kamu cukup masuk ke website-nya yaitu www.edmodo.com dan ikuti prosedur yang tampil, pilih status sebagai siswa atau guru, isi data-data dengan benar dan teliti, miriplah sama pendaftaran sosial media.

Demikianlah penjelasan Edmodo secara ringkas yang dapat Kami sampaikan, bagi yang berminat silahkan mencoba dan semoga bisa menjadi sesuatu yang baru untuk semangat belajarmu.

Comment

Your email address will not be published

There are no comments here yet
Be the first to comment here