Selasa, 19 Maret 2019

Apa itu Vertigo Posisional, Gejala dan Pengobatannya

Halo sahabat Gaul, kali ini Kami akan membagikan sedikit informasi kesehatan yang pastinya penting untuk Kamu ketahui, apakah Kamu pernah mendengar Vertigo Posisional? Simak apa arti Vertigo Posisional yang sebenarnya di bawah ini.

Pengertian Vertigo Posisional

Vertigo Posisional sering juga disebut sebagai Vertigo posisi dan bahasa medisnya "Benign paroxysmal positional vertigo" yang disingkat menjadi BPPV.

Vertigo Posisional adalah semacam gangguan kesehatan yang tergolong sedang, dimana seseorang tiba-tiba merasakan apa yang dilihatnya seakan-akan berputar, atau merasakan dirinya seakan berputar hingga pusing saat menggerakkan bagian kepala.

Gejala Vertigo Posisional

Gangguan ini biasanya membuat seseorang juga merasakan mual hingga muntah karena efek pusing dari pandangan yang berputar-putar maupun bergerak bergelombang, merasakan tubuh tidak seimbang dan bola mata yang bergerak-gerak sendiri.

Penyebab Vertigo Posisional

Gangguan ini bisa terjadi karena gerakan atau perubahan posisi pada kepala, seperti misalnya saat seseorang meraih sesuatu yang tinggi, sehingga harus mengarahkan wajah lurus ke atas, atau bisa juga karena gerakan kepala secara mendadak saat baru bangun dari tidur. Atau lebih lanjut karena penyakit meniere (kerusakan telinga dalam).

Secara medis, Vertigo Posisional atau BPPV terjadi karena partikel kalsium yang seharusnya terdapat di bagian tertentu pada telinga dalam "utrikulus dan sakulus" berpindah ke posisi lain di telinga bagian dalam, tepatnya pindah ke "kanalis semisirkularis posterior".

Perbedaan Vertigo Posisional dengan penyakit Meniere

Sebenarnya keduanya saling berhubungan, meniere adalah gangguan atau kerusakan telinga bagian dalam atau juga ada masalah pada otak, yang dapat menyebabkan gejala Vertigo Posisional.

Pengobatan Vertigo Posisional

Vertigo Posisional jinak tidak begitu berbahaya jika selang beberapa hari akan sembuh dengan sendirinya, bisa juga dalam seminggu. Apabila mengalami hal ini selama berbulan-bulan sebaiknya Kamu segera ke dokter agar di diagnosis dan mendapatkan perawatan.

Demikianlah penjelasan tentang Vertigo Posisional yang dapat Kami sampaikan, karena gangguan ini sering terjadi pada seseorang, maka rasanya perlu Kami sampaikan, semoga bermanfaat.