Senin, 24 Juni 2019

Arti "ROM" pada Spesifikasi Smartphone

Loading...
Mungkin saja Kamu pernah mendengar atau juga melihat kata "ROM" dalam keterangan sebuah ponsel atau Smartphone terbaru, disini akan dibahas secara lengkap apa itu ROM pada Smartphone, arti ROM pada hp atau ponsel.

Pengertian ROM Smartphone

"ROM" berasal dari singkatan Bahasa Inggris yaitu "Read Only Memory", yang artinya adalah memory yang hanya bisa dibaca oleh system ponsel atau Smartphone, bisa dibilang adalah tempat Penyimpanan Internal.

Fungsi ROM pada Smartphone

Karena ROM adalah memory, fungsinya tentu sudah jelas untuk tempat menyimpan data-data pada Smartphone yang bisa dibaca oleh sistem, setiap Smartphone memiliki ROM yang beragam kapasitasnya, ada yang 4GB hingga 128GB maupun lebih.

Jadi "ROM" adalah memory internal Smartphone yang akan menampung file-file seperti Foto, Video, Game dan lainnya di Smartphone, semakin tinggi ROM pada Smartphone, biasanya harganya semakin mahal pula.

Beberapa Smartphone yang sama bisa memiliki dua atau tiga versi ROM, misalnya Smartphone Xiaomi Note 7 Pro ada yang memiliki ROM 64GB dan ada juga Xiaomi Note Pro ROM 128GB, tentunya yang ROM 64GB lebih murah, namun kapasitasnya lebih sedikit.

Cara mengatasi kapasitas ROM yang kecil

Sebagai memori Internal, ROM tidak dapat ditambah kapasitasnya, melainkan ukuran tetap, untuk mengatasi kekurangan tempat pemyimpanan akibat ROM kecil, maka dari itulah disediakan slot memori eksternal atau memori tambahan yang bisa dibeli secara terpisah.

Kapasitasnya juga beragam 1GB, 2GB hingga 256GB atau lebih, selengkapnya tentang memory eksternal Kamu bisa baca disini: Apa itu Memory Eksternal

Demikianlah penjelasan tentang "ROM" yang dapat Kami berikan, jadi sekarang Kamu sudah mengetahui maksud ROM dan selalu jadikan ROM Smartphone sebagai pertimbangan sebelum membeli Smartphone baru.
Loading...