Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kekurangan Aplikasi Launcher pengubah tema Android

Ubah tema Android
Sebelumnya Kami pernah menuliskan "Cara mengubah tema Android dengan Aplikasi Launcher", disitu Kami sudah jelaskan apa itu Aplikasi Launcher dan bagaimana caranya supaya tampilan atau tema Android bisa diganti dengan mudah, tapi Kamu juga harus tau apa saja efek tidak bagus jika menggunakan Aplikasi Launcher tersebut.

Tidak perlu terlalu khawatir, karena beberapa efek buruk Aplikasi Launcher ini tidak begitu membahayakan, hanya saja akan membuat sedikit tidak nyaman dan bisa saja mengganggu, nah lho.. Aplikasi penghias kok jadi Aplikasi pengganggu, untuk itu silahkan baca beberapa kekurangan dari Aplikasi Launcher berikut ini.

Kekurangan Aplikasi Launcher pengubah tema Android

Salah satu kekurangan yang paling terasa adalah Smartphone bekerja lebih berat dibandingkan menggunakan tema bawaan Android, selengkapnya di bawah ini.

1. Memperlambat Smartphone atau ngelag

Menggunakan Aplikasi Launcher pengubah tema dan font Android bisa membuat Smartphone Kamu menjadi lambat dan berat, wajar saja karena hp Kamu akan terus menerus menjalankan Aplikasi Launcher untuk menampilkan tema yang telah Kamu pilih di launcher, bahkan dalam keadaan sleep sekalipun, ini jika Kamu juga mengaktifkan sleep atau lockscreen theme.

Kecuali RAM hp Kamu cukup banyak, misalnya 4GB atau 6GB, mungkin tidak akan merasakan efek ini.

2. Konsumsi RAM dan baterai lebih banyak

Alasannya sama dengan yang nomor 1 di atas, karena aplikasi ini akan terus berjalan, maka siap-siap baterai akan lebih cepat habis dan memori RAM juga akan terpakai cukup banyak untuk bisa menjalankan Aplikasi ini, bagi yang suka main Game Online pasti rugi dong RAM nya dipake sebagian untuk tema, bisa bikin game jadi ngelag bahkan force close.

3. Konsumsi data atau kuota dan iklan

Beberapa Aplikasi Launcher ternyata menampilkan informasi dari Internet seperti iklan yang muncul memenuhi layar Smartphone, notifikasi ini itu dan sebagainya, ini pasti akan menguras kuota Internet Kamu sedikit demi sedikit, selain itu tampilan iklannya juga cukup mengganggu aktivitas di Smartphone Kamu.

Memang tidak semua Aplikasi pengubah tema yang menampilkan iklan, tapi kebanyakan aplikasi tema yang gratisan, selalu terdapat beragam iklan jika data dihidupkan, untuk versi yang tanpa iklan biasanya ada pada versi pro atau premium yang berbayar.

Juga tidak semua Aplikasi Launcher yang membuat lambat atau ngelag, baterai boros dan sebagainya, untuk itu pilihlah Aplikasi Launcher pengubah tema yang ringan, tanpa iklan dan tidak mengkonsumsi RAM yang begitu banyak.

Jadi, semuanya tergantung dengan pilihan ya gaes, menggunakan tema Android bawan terkadang membuat mata bosan karena tampilan yang itu-itu saja, sedangkan menggunakan tema dengan Aplikasi Launcher malah bikin ngelag, jika Smartphone Kamu diprioritaskan untuk Gsme Online, sebaiknya Kamu tidak menggunakan Aplikasi Launcher.